Home » Sejarah Adbis

Sejarah Adbis

Program studi Strata 1 Administrasi Bisnis mendapat ijin penyelenggaraan dari Dikti pada tanggal 28 Maret 2008. Awalnya program studi ini berada pada Sekolah Administrasi Bisnis & Keuangan (SABK) – Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), dengan akreditasi “B”, yang dikelola oleh Yayasan pendidikan Telkom (YPT).

Sejarah pendirian program studi S1 Administrasi Bisnis Universitas Telkom tidak terlepas dari sejarah pendirian Institut Manajemen Telkom (IM Telkom). Pada awal pendirian tanggal 23 Mei 1990 dengan Akta Notaris Ahmad Wiratni, SH. Nomor : 163/1990, Master of Business Administration (MBA) Bandung sebagai pioneer penyelenggara program S2 (MBA) yang pertama di Jawa Barat. Dalam upaya menjaga kualitas pendidikan yang diselenggarakan, MBA Bandung bekerjasama dengan Asian Institute of Management (AIM) Manila, Philipina.

Tanggal 10 Mei 1993 MBA Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) dan memperoleh akreditasi “Unggul” dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 70a/d/0/93 tahun 1993. Tahun 1997 STMB membuka program studi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika dengan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2002. Desember 2005, STMB berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom). Sebagai langkah konkrit menuju World Class University (WCU), STMB Telkom telah melakukan transformasi menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada tanggal 28 Maret 2008, dengan tambahan satu program studi Diploma-3 Manajemen Pemasaran dan lima program studi Strata-1, yaitu: Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, dan Ilmu Administrasi Bisnis.

Universitas Telkom adalah perkembangan terakhir dari proses transformasi empat kelembagaan pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Sekolah Tinggi Ilmu Seni Indonesia-Telkom (STISI Telkom), dan Politeknik Telkom. Universitas Telkom memiliki 7 (tujuh) fakultas dan 27 (dua puluh tujuh) program studi, mulai Diploma-3 sampai dengan Strata-2. Mulai 1 April 2014 program studi administrasi bisnis berada di bawah Fakultas Komunikasi & Bisnis – Universitas Telkom. Transformasi dilakukan YPT dalam upaya mencapai cita-cita menjadi salah satu perguruan tinggi berkelas dunia (World Class University) tahun 2017.