PELATIHAN FOTO PRODUK & BISNIS ONLINE UMKM KECAMATAN KIARACONDONG

PELATIHAN FOTO PRODUK & BISNIS ONLINE UMKM KECAMATAN KIARACONDONG

Pandemi Covid19 di Indonesia, secara tidak langsung ‘memaksa’ pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mencari jalan keluar agar mampu bertahan dan membangkitkan usahanya. Salah satu hal yang disorot selama pandemi yakni meningkatnya kecenderungan konsumen untuk berbelanja secara online. Melihat hal ini, maka terlihat bahwa bisnis online dapat menjadi jalan keluar bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. Adapun hal yang perlu diperhatikan ketika berjualan secara online yakni menarik minat konsumen terhadap produk yang dijual. Ketertarikan ini dapat didapatkan dengan memasang foto produk semenarik mungkin sehingga konsumen mendapatkan gambaran nyata dari produk yang dijual tersebut. Peduli dengan situasi ini, tim dari Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom bekerjasama dengan BDSI Indonesia dan Community Market yang ada di Bandung menyelenggarakan program Pelatihan Foto Produk dan Bisnis Online di Kecamatan Kiaracondong pada tanggal 13 Oktober 2021.

Kecamatan Kiaracondong merupakan salah satu kecamatan di Bandung yang terkena dampak pandemic Covid19. Sebagai upaya pemulihan akibat pandemi, maka pada pelatihan ini difokuskan pada pengajaran mengenai bisnis online. Selain itu, selama pelatihan para peserta yang berjumlah kurang lebih 50 orang pelaku UMKM dari Kecamatan Kiaracondong juga diajarkan mengenai cara pengambilan foto produk yang baik. Pelatihan ini dilakukan selama kurang lebih tiga jam. Selain itu, mengingat kegiatan pelatihan ini dilaksanakan saat masih pandemi Covid19, maka protokol kesehatan pun tetap diterapkan, seperti menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan, serta memakai masker.

Kegiatan pelatihan Online dan Foto Produk di Kecamatan Kiaracondong dibagi dalam dalam dua sesi. Sesi pertama diisi dengan pemaparan materi mengenai foto produk. Foto produk menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memasarkan suatu produk, karena dengan dihasilkannya foto produk yang menarik maka akan membantu pelaku UMKM dalam menawarkan dan mempromosikan produknya. Selama pemaparan materi, para pelaku UMKM dibekali mengenai teknik-teknik fotografi atau hal dasar yang perlu diperhatikan saat pengambilan foto. Setelah pemaparan materi selesai, peserta kemudian diarahkan untuk mencoba mengambil foto produk dengan menggunakan handphone yang dimiliki masing-maisng dan peralatan yang telah disediakan, seperti mini studio.  

 

 

Pada sesi kedua, peserta kemudian mendapatkan pemaparan mengenai cara berbisnis online pada salah satu platform e-commerce. Setiap peserta diarahkan mulai dari pendaftaran akun hingga peserta tersebut selesai mengunggah produk yang akan dijual pada e-commerce tersebut. Dengan adanya pengarahan ini, diharapkan kedepannya para pelaku UMKM sudah mulai terbiasa berjualan secara online dan dapat membantu para pelaku UMKM untuk membangkitkan kembali usaha mereka.

Penyerahan Plakat Kepada Kepala Camat

Tinggalkan Balasan