5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Anak Baru Masuk Sekolah

Untuk pertama kali anak menginjakkan kaki di sekolah, pasti ada fase anak akan merasa malu. Ada juga anak yang langsung bisa berinteraksi dengan teman barunya. Terkadang, orang tua juga merasa kebingungan jika anak pertama kali masuk sekolah. Kebingungan itu mulai dari apa saja yang harus dipersiapkan dan apa saja yang harus diperhatikan.

Artikel ini hadir untuk menjawab kebingungan orang tua yang akan mengantar anaknya ke sekolah baru. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat anak baru masuk sekolah. Mari simak hal-hal tersebut di bawah ini.

1. Orang Tua harus Memilih dan Memperkenalkan Sekolah yang Akan Dituju oleh Anak

Dalam memilih sekolah untuk anak, orang tua harus memperhatikan beberapa hal seperti kurikulum sekolah, budaya yang ada di sekolah tujuan, dan kebiasaan-kebiasaan yang ada di sekolah. Apakah sekolah itu sudah sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki anak? Apakah sekolah itu sudah sesuai dengan karakter anak yang berbeda-beda? Semua hal ini harus diperhatikan oleh orang tua.

Selain memilih sekolah untuk anak, orang tua juga harus memperkenalkan anak pada sekolah yang akan dia tuju. Dengan tujuan, semoga anak mampu berinteraksi dengan sekolah barunya. Ini karena biasanya di awal masuk sekolah anak masih malu-malu. Semua ini dilakukan untuk mempermudah anak dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya.

2.⁠ ⁠Orang Tua Harus Bisa Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Sebagai orang tua yang baik untuk anak, orang tua harus membantu mengembangkan rasa percaya diri pada anak. Hal ini penting untuk anak yang mau masuk sekolah karena rasa percaya diri akan membuatnya lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Orang tua harus memberikan pengertian tentang role play tentang budaya sekolah. Beberapa hal ini membuat anak lebih paham bagaimana cara memahami materi, apa tujuan ia bersekolah dan lain-lain. Hal sepenting ini akan menjadi pembelajaran berharga untuk anak di awal masuk sekolah.

3.⁠ ⁠Orang Tua Harus Memahami Perasaan Anak

Sebelum masuk sekolah untuk pertama kali, orang tua harus memahami perasaan anak, mulai dari rasa ingin diperhatikan hingga rasa ingin untuk dibimbing. Orang tua harus lebih peka jika anak meminta sedikit perhatian. Pasalnya, beban anak akan bertambah saat sudah mulai masuk sekolah. Orang tua perlu menanyakan tugas, pekerjaan rumah, dan tugas lain karena mungkin anak mengalami kesulitan.

Sebagai orang tua harus bisa memahami apa yang anak mau. Memberikan rasa aman dan nyaman pada anak, serta memberikan perlindungan dan dukungan penuh dalam proses belajar anak.

4.⁠ ⁠Menyediakan Sarana Belajar yang Nyaman dan Aman

Orang tua menyediakan sarana belajar yang nyaman, aman dan interaktif. Ini termasuk investasi yang akan membantu anak semakin berkembang. Anak akan belajar dengan nyaman dan semangat. Hal ini akan membantu anak mudah fokus dan berkonsentrasi. Sarana yang bisa disediakan orang tua diantaranya ruang belajar yang nyaman, buku pelajaran yang lengkap dan platform pembelajaran. Untuk platform pembelajaran, orang tua bisa mengandalkan kejarcita.id yang bisa diakses secara gratis.

5.⁠ ⁠Orang Tua Harus Mengajarkan Anak Manajemen Waktu

Manajemen waktu sangatlah penting dalam proses pembelajaran. Anak harus tahu saatnya bermain dan saatnya belajar. Anak harus diberikan pengetahuan tentang pembagian waktu yang tepat. Tidak hanya tentang belajar, tetapi juga diberikan waktu bermain sesuai dengan usianya. Manajemen waktu ini merupakan salah satu hal yang sangat penting diperhatikan sebelum anak masuk sekolah.

Nah, dari lima hal di atas, mana yang sudah Anda terapkan? Terkadang sebagai orang tua, kita hanya berpikir anak yang sudah masuk sekolah cukup ditunggu dan selesai, padahal beberapa hal harus diperhatikan agar proses belajar anak berjalan lancar. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment