Pentingnya Mengetahui  Prilaku Konsumen dalam dunia Bisnis

Pentingnya Mengetahui Prilaku Konsumen dalam dunia Bisnis

Prilaku Konsumen

Dalam dunia bisnis yang sekarang lagi marak terjadi dan banyak orang yang terjun pada dunia bisnis ini,mengerti dan memahami prilaku konsumen sangat penting untuk di lakukan.Mengingat dengan hanya mengandalkan modal dan tekad untuk melakukan usaha saja tidak cukup,jika tidak bisa memahami prilaku konsumen.Kita harus memahami prilaku konsumen karena Prilaku Konsumen adalah  salah satu aspek yang sangat penting untk meraih kesuksesan dalam melakukan strategi pemasaran.Prilaku konsumen melibatkan segala bentuk tindakan,keputusan yang di ambil oleh individu ketika konsumen melakukan proses pembelian serta penggunaan produk atau layanan yang kita sajikan untuk konsumen,dan juga sikap konsumen.Jika dalam konteks yang lebih luas,pemahaman tentang prilaku konsumen ini selalu melibatkan faktor psikologis,sosial budaya,serta ekonomi juga mempengaruhi keputusan konsumen,jadi ada banyak yang mempengaruhi prilaku konsumen dalam melakukan keputusan.

Alasan utama kita harus bisa memahami keputusan konsumen dalam melakukan suatu bisnis karena konsumen memiliki keberagaman kebutuhan dan keinginan,maka melalui analisis dan riset prilaku konsumen yang dilakukan.Dengan adanya analisis prilaku konsumen perusahaan bisa mengidentifikasi apa yang dapat mendorong konsumen untuk membeli produk dan layanan yang di sediakan pada layanan tertentu.Dengan mengetahui apa yang di butuhkan konsumen dari analisis prilaku konsumen ini perusahaan dapat dengan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif dan banyak diminati oleh konsumen

Faktor – faktor yang mempengaruhi :

Faktor psikologis juga sangat berperan penting dalam prilaku konsumen.Contohnya pandangan konsumen terhadap kualitas suatu produk,merek,harga dan citra produk,dapat dengan mudah mempengaruhi kpeutusan pembelian mereka,selain itu sikap dari konsumen juga dapat mempengaruhi pembelian mereka.Sikap bisa jadi akibat pengalaman konsumen sebelumnya,informasi yang masuk dan di terima,serta faktor-faktor sosial dan budaya yang mempengaruhi konsumen.

Sosial juga menjadi faktor dalam prilaku konsumen,konsumeen biasanya sering terpengaruh oleh keluarga,teman,serta masih banyak faktor sosial lainnya yang bisa mempengaruhi seorang konsumen dalam mengambil keputusan pembelian konsumen.Selain itu juga faktor budaya juga dapat berpengaruh Nilai nilai norma dan kebiasaan budaya tertentu dapat mempengaruhi pandangan konsumen terhadap suatu produk dan layanan dari suatu perusahaan.

Dalam era modern dan digital saat ini prilaku konsemen juga telah sangat mengalami perubahan yang cukup signifikan,konsumen saat ini memiliki akses lebih luas mengenai informasi produk dan layanan yang tersedia,serta media online untuk membagikan pengalaman dan juga ulasan dari suatu produk dan layanan.Perusahaan harus selalu mengikuti perkembangan jaman yaitu harus selalu online untuk membagikan mengenai produk mereka dan dalam konteks digital ini untuk mencapai keunggulan komfetitif.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan