SOCIAL MEDIA MARKETING BAGI UMKM, KUNCI SUKSES MERAIH PASAR
Sebagai rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen Program Studi Administrasi Bisnis di Universitas Telkom, telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pendampingan bagi bisnis UMKM untuk dapat menghasilkan video promosi dengan konten menarik di media sosial. Dengan berkembangnya media sosial dan kebutuhan konten berbasis video, menjadi peluang bagi UMKM untuk dapat meraih pasar yang lebih luas agar produk dan mereknya lebih dikenal dan dapat meningkatkan penjualan.
Terlebih, dengan adanya platform Instagram Reels, Tiktok dan Youtube Shorts dimana bisnis UMKM, content creator dan juga pengguna media sosial mulai digiring untuk menyaksikan dan membuat video berdurasi pendek namun kaya informasi. Pada kenyataannya, meski durasinya semakin singkat, kesulitannya justru meningkat. Karena mudahnya pengguna untuk melewati konten yang sekiranya tidak menarik padahal kesempatan untuk bisa dilihat lebih banyak orang sangat terbuka. Oleh karena itu, pelatihan personal branding di media sosial dan terlebih kemampuan dalam memproduksi video berkualitas sangatlah penting.
Pendampingan UMKM ini diselenggarakan secara daring selama 6 bulan oleh tim Abdimas yang berasal dari Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom. UMKM yang menjadi mitra adalah produsen mainan anak berbahan kayu yang sudah berdiri selama 3 tahun namun belum optimal dalam memasarkan produknya secara online juga kesulitan dalam membuat konten pemasaran di media sosial. “alhamdulillah, telah terlaksana dengan baik. Meskipun belum seluruh permasalahan mitra dapat terselesaikan, mudah-mudahan ke depannya dapat bekerjasama kembali untuk menuntaskan tantangan yang dihadapi UMKM” ujar ketua tim pengabdian masyarakat. Kedepannya, tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Telkom akan melaksanakan pembekalan proses produksi dan pembenahan laporan keuangan terhadap mitra UMKM.