Home » Student Association

Student Association

Hima Adbis FKB Universitas Telkom adalah organisasi kemahasiswaan yang berada pada program studi s1 Administrasi Bisnis. Organisasi ini diketuai oleh seorang CEO dan GM dan membawahi beberapa orang Manager, Supervisor dan Staff dengan tujuan untuk mewadahi minat, bakan, aspirasi dan menjadi penghubung antara program studi dengan mahasiswa administrasi bisnis FKB Universitas Telkom yang merupakan anggota dari organisasi ini.

Dalam menjalankan setiap kepengurusannya, Hima Adbis FKB Universitas Telkom tidak terlepas dari mengadakan kegiatan- kegiatan yang merupakan program kerja himpunan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa administrasi bisnis dan seluruh pihak yang terlibat. Beberapa kegiatan besar pada Hima Adbis FKB Universitas Telkom antara lain:

Histeria

Regenerasi merupakan hal penting pada sebuah organisasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup organisasi kedepannya. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup organisasi tersebut dibutuhkan mahasiswa yang memiliki dedikasi tinggi, berkualitas, professional, loyalitas, serta memiliki jiwa kepemimpinan dan keorganisasian. Untuk mendapatkan mahasiswa yang memiliki kriteria di atas tidak hanya sekedar membutuhkan penguasaan hardskill yang baik melainkan harus pula di imbangi dengan pengusaan softskill yang tentunya tidak dapat diperoleh sepenuhnya dalam pembelajaran didalam kelas. Salah satu carauntuk mengembangkan softskill mahasiswa adalah melalui program kegiatan kaderisasi yang di dalamnya mencakup pengembangan soft skill yang sifatnya organisasional, seperti pengembangan kemampuan memimpin (leadership) dengan dedikasi tinggi, teamwork dan kedisiplinan. Sehingga para mahasiswa dapat mengaktualisasikan dan mengoptimalkan kemampuan diri mereka. Oleh karena itu, pada Hima Adbis FKB Universitas Telkom diselenggarakan suatu kegiatan bernama HISTERIA, kegiatan ini memiliki tujuan utama yaitu diharapkan mendapatkan generasi untuk kepengurusan selanjutnya, mengembangkan dan mengoptimalkan potensi mahasiswa administrasi bisnis serta dapat membentuk pribadi mahasiswa yang berkualitas dan aktif. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini terdiri dari beberapa agenda yang akan menambah wawasan dan softskill mahasiswa seperti seminar, games kepemimpinan, games teamwork, charity, berjualan, post to post, dan berbagai kegiatan lainnya.

I-bass (Internship of Business Administration Student Society)

I BASS merupakan salah satu kegiatan berskala kecil untuk melakukan regenerasi pemimpin- pemimpin hebat berbakat bagi mahasiswa administrasi bisnis dengan melibatkan sebagian dari mahasiswa administrasi bisnis yang merupakan perwakilan untuk dapat magang menjadi pengurus Hima Adbis FKB Universitas Telkom. Konsep I BASS 2015 lebih menekankan kepada kebersamaan, kekeluargaan,dan rasa saling menghargai diantara pengurus I-BASS sendiri, begitu pula antara pengurus I-BASS dengan Pengurus Hima Adbis FKB Universitas Telkom. Diharapkan pengurus I BASS menjadi mahasiswa- mahasiswa administrasi bisnis yang harus memahami job description dari Hima Adbis FKB Universitas Telkom, sehingga kedepannya mahasiswaadministrasi bisnis tidak menjadikan event yang diselenggarakan oleh pengurus Hima Adbis FKB Universitas Telkom sebagai tolak ukur utama untuk menilai keberhasilan dari kepengurusan. Selain itu, dengan dilaksanakannya I BASS ini, diharapkan pengurus I BASS dapat menjadi jembatan penghubung antara pengurus Hima Adbis FKB Universitas Telkom dengan anggotanya yaitu mahasiswa administrasi bisnis.

Kegiatan magang ini dilaksanakan kurang lebih selama dua bulan. Setelah pengurus I-bass berhasil terpilih dari tahap seleksi, selama dua bulan tersebut, pengurus I-bass diserahkan kepada setiap team yang mereka pilih untuk diberikan pengetahuan dan pengalaman terlibat dalam team tersebut. Disisi lain, setelah pengurus I-bass berada pada team masing- masing, panitia I-bass lepas tangan begitu saja, mereka rutin mengadakan forum setiap minggu untuk menambah wawasan pengurus I-Bass mengenai Hima Adbis FKB Universitas Telkom dan berorganisasi. Sehingga, setelah kegiatan I-bass selesai, pengurus I-bass sudah menjadi pribadi yang lebih siap untuk mengikuti recrutment Hima Adbis FKB Universitas Telkom periode selanjutnya dan melanjutkan perjuangan kepengurusan sebelumnya.

Tutorial Pra Ujian

Dalam menghadapi ujian, baik itu UTS ataupun UAS, tidak sedikit mahasiswa yang mengeluh karena beberapa mata kuliah dianggap sangat sulit dan meminta pihak himpunan untuk melaksakan suatu kegaiatn yang dapat membantu mereka. Oleh karena itu, Hima Adbis FKB Universitas Telkom menampung aspirasi mahasiswa, dan mewujudkannya dalam kegiatan Tutorial Pra Ujian. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan tutorial beberapa mata kuliah yang sulit kepada mahasiswa beberapa hari sebelum menjalani ujian. Adapun tutor pada kegiatan ini merupakan mahasiswa yang tingkatannya berada satu atau dua tahun diatas dan telah mengambil mata kuliah yang di tutorialkan tersebut. Selain itu, kegiatan ini bekerja sama dengan dosen koordinator mata kuliah yang di tutorkan tersebut, hal ini bertujuan untuk mendapatkan arahan materi apa saja yang sebaiknya disampaikan dalam tutorial, agar tidak menyimpang terlalu jauh dari soal- soal ujian. Sampai saat ini, kegiatan tutorial pra ujian mendapat respon yang sangat baik dari mahasiswa, bahkan beberapa mahasiswa menginginkan waktu tutorial lebih diperpanjang.

Adbis Mengajar

Adbis Mengajar merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Hima Adbis FKB Universitas Telkom. Kegiatan ini mengusung tujuan untuk memberikan permainan-permainan yang menyenangkan dan mengedukasi bagi anak- anak. Selama ini kegiatan ini dilaksanakan di SDN 2 Sukapura. Tidak hanya pada sekolah formal, beberapa waktu lalu adbis mengajar menyambangi suatu panti asuhan untuk belajar sambil bermain bersama anak- anak panti asuhan, makan bersama, dan melaksanakan kegiatan amal.

Charity Action

Charity action merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Hima Adbis FKB Universitas Telkom. Kegiatan ini dilaksanakan di desa yang cukup terpencil selama tiga hari dua malam. Beberapa waktu lalu, charity action ini dilaksanakan di salah satu desa yang berada di daerah Pengalengan, Jawa Barat. Agenda kegiatan ini adalah bazar murah, hiburan masyarakat, adbis mengajar (mengajar anak- anak sekitar), dan kegiatan utama yaitu membangun toilet serta kamar mandi umum untuk warga. Tidak sedikit mahaisiswa yang tertarik dengan kegaitan ini, selain terlibat langsung dengan menjadi panitia dan peserta kegiatan, sebagian mahasiswa menyumbangkan buku dan baju bekas layak pakai untuk mendorong terlaksananya kegiatan ini. Harapan besar kami, kegiatan ini akan terus berlangsung kedepannya demi melaksanakan pengabdian masyarakat dan memberikan kebermanfaatan suatu organisasi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Rabu Bersih

Melihat keadaan kantin kampus khususnya kantin FKB yang semakin hari semakin kotor, dan tidak sedikit mahasiswa yang hanya mengotori tanpa bersedia memungut sampah yang berserakan disana, maka Hima Adbis FKB Universitas Telkom memutuskan untuk menyelenggarakan suatu kegiatan pengabdian masyarakat di daerah kantin yang merupakan daerah terdekat pada tempat sekretariatnya. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat daerah terdekat sekretariat bersih dan nyaman, dan juga memberikan tempat yang bersih kepada mahasiswa untuk makan atau sekadar bercengkrama. Rabu bersih ini dilaksanakan setiap hari rabu sore selama dua minggu sekali.

Diharapkan untuk kedepannya kegiatan ini bisa ditambah lagi intensitasnya, mungkin seminggu sekali atau dua kali, dan diberikan juga peringatan kepada mahasiswa untuk menjaga kebersihan kantin. Selain itu, mahasiswa diharapkan pula dapat terlibat pada kegiatan ini, karena sekarang ini hanya sebagian besar pengurus yang terlibat aktif.

Busscham (Business Championship)

Hima Adbis FKB Universitas Telkom bukanlah suatu organisasi olahraga ataupun seni, melainkan suatu organisasi kemahasiswaan. Tetapi, rasanya tidak salah jika organisasi ini melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan olahraga untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang olahraga, karena kita semua mengetahui bahwa minat mahasiswa itu tidak hanya terbatas pada minat akademik, tetapi banyak juga mahasiswa administrasi bisnis yang menggeluti suatu bidang olahraga tertentu.

Kegiatan ini dilaksanakan satu kali selama kepengurusan Hima Adbis FKB Universitas Telkom. Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan dalam kegiatan ini yaitu futsal, badminton, basket, panco, dan tarik tambang. Team dalam setiap pertandingan berasal dari setiap kelas pada prodi administrasi bisnis. Diakhir kegiatan, diambil juara 1,2, dan 3 dari setiap bidang olahraga tersebut.

Fun sport

Fun sport merupakan olahraga rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Hima Adbis FKB Universitas Telkom. Kegiatan ini terdiri dari fun futsal dan fun bulutangkis yang diikuti oleh pengurus dan anggota himpunan. Tidak ada hadiah dalam kegiatan ini, melainkan merupakan kegiatan untuk lebih mendekatkan pengurus dengan anggota himpunan, khususnya mereka yang menyukai bidang olahraga futsal dan badminton/ bulutangkis.

EFBA (Entrepreneur Festival of Business Administration)

EFBA merupakan big project Hima Adbis FKB Universitas Telkom. Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, antara lain kompetisi business plan dan business model, pameran food and fashion, dan festival musik. Sejak pertama kali dirintis sampai tahun kedua, kegiatan ini bernama EFA (Entrepreneur Festival of Adbis), tetapi tahun ini EFA hadir dengan nama baru yaitu EFBA dan skala baru yaitu skala nasional dengan diselenggarakan di salah satu tempat ternama di Kota Bandung, yaitu Trans Studio Bandung.

Setiap tahun EFBA memang memiliki yang tujuan yang sama untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha baik bagi peserta kompetisi, maupun peserta pameran, tetapi EFBA selalu memberikan warna yang berbeda setiap tahunnya dan memiliki peningkatan- peningkatan. Tahun ini tidak kurang dari 100 orang mahasiswa administrasi bisnis yang terlibat dalam kepanitiaan ini, mulai dari angkatan paling muda tahun 2016, sampai angkatan 2013, semuanya berpartisipasi aktif demi kesuksesan EFBA 2016 ini.

EFBA tahun ini telah menggoreskan kesuksesan yang luar biasa, semoga EFBA tahun depan bisa semakin sukses dan lebih baik lagi.